Thursday 26 August 2010

Pertarungan Antar Pengacara dalam Partner, Sebuah Drama Besutan KBS

Setelah sebelumnya pernah mengulas H.I.T, kali ini saya akan menawarkan sebuah drama lain yang masih berhubungan dengan hukum. Mengangkat sebuah profesi yang sangat lekat dengan adu strategi untuk menang di meja hijau, tidak lain adalah attorney alias pengacara. Judulnya PARTNER. Kesan pertama dari posternya, wah kayanya rame banget nih (lihat gambar di samping). Tapi saya nonton bukan karena posternya, melainkan gara-gara ada Kim Hyun Ju, tahulah ya yang main jadi kakaknya Gu Jun Pyo di BBF. Entah kenapa saya suka banget lihat dia, cantik, aktingnya oke, dan enak aja dilihat.

Partner berkisah tentang lika-liku perjalanan yang dialami oleh sekelompok pengacara yang tergabung dalam sebuah law firm. Bagi kita yang orang biasa, partner dapat berarti teman, entah itu teman di sekolah, teman kampus, teman sekelompok belajar, teman satu klub, atau mungkin hanya teman makan bersama. Bisa juga teman satu kosan, tetangga satu kontrakan, rekan kerja, atau pasangan hidup. Apapun boleh asal partner itu ada di sisi kita, berjuang bersama, saling memberi dan menerima, mendukung satu sama lain, dan terikat oleh sebuah tali emosional tertentu. Tapi bagi sebuah law firm, partner berbeda dari apa yang telah saya sebut sebelumnya. Partner, adalah mereka yang memiliki power, bertahan dengan segala macam pengaruh yang mereka miliki, puncak dari sebuah piramida penguasaan atas hukum.

Bagi sebuah law firm, partner tidak lain adalah dunia entreprises yang gegap gempita akan popularitas, pengaruh, dan uang. Sesama law firm akan bertarung, berhadapan satu dengan yang lain demi mendapatkan partner yang berkuasa penuh, khususnya yang memegang kendali bisnis dan banyak uang. Mereka berjuang, bukan demi apa-apa, melainkan hanya untuk dekat dengan kekuasaan, hingga akhirnya hanya akan menjadi budak uang. Itulah sekilas pesan yang muncul dari drama Partner ini.

Namun, Tuhan selalu adil. Jika siang bumi dipanggang oleh panasnya matahari, maka malam Ia ciptakan dingin dan kesejukan. Artinya, segala sesuatu selalu ada pasangannya, selalu ada lawan. Kang Eun Ho (diperankan oleh Kim Hyun Ju) adalah salah satu sosok pengacara yang berusaha untuk melawan kepincangan yang terjadi dalam pertarungan antar-law firm itu. Bersama dengan Lee Tae Jo (dimainkan oleh Lee Dong Wook), mereka bersama-sama berusaha membuat hukum menjadi alat yang benar-benar adil bagi masyarakat.

Ya, yang selalu menarik dari suatu kasus hukum tidak lain adalah ketika seseorang dengan pengaruh dan kekuasaan tinggi melarikan diri dari hukum yang menjeratnya, lalu menimbulkan kesengsaraan bagi orang yang tak bersalah. Banyak scene dalam drama ini yang begitu berani mengungkap kebobrokan mental para pemangku kekuasaan baik itu politik maupun bisnis, berusaha untuk "membeli" hukum dengan kekuasaan yang mereka punya. Satu hal yang boleh saya simpulkan (walaupun ini juga sudah menjadi rahasia umum) adalah bahwa UANG BISA BICARA, BUNG!

Tapi, bagaimanapun juga, selalu ada jalan dalam setiap peristiwa, saudaraku. Ini yang ingin coba disampaikan dalam Partner melalui kerja keras Kang Eun Ho dan Lee Tae Jo. Keyakinan, keteguhan hati untuk membela yang tidak bersalah seperti apa pun keadaannya, konsistensi pada nilai-nilai kebenaran, dengan itu semua mustahil tidak terwujudkan keadilan itu. Asal kita telah melakukan usaha yang terbaik, tentu jawaban akan datang.

Silakan, bagi yang mau nonton drama ini, lumayan bagus kok. Alurnya juga nggak serius terus, ada juga adegan-adegan lucu dan menggemaskan dari duo pentolan dalam drama ini. Selain Kim Hyun Ju dan Lee Dong Wook, masih ada Choi Chul Ho (yang baru ditangkap polisi gara-gara pemukulan terhadap seorang wanita), Lee Honey (3rd Runner Up Miss Universe 2007), dan Lee Jeong Gil (yang jadi kakeknya Yoon Ji Hoo di BBF, disini dia jadi ayahnya Tae Jo). Hanya 16 episode saudaraku, selamat mencari di toko dvd favorit Anda.

No comments:

Post a Comment