Sunday 11 July 2010

A Man Called God; 007 ala Negeri Ginseng


Menghabiskan waktu yang tidak sebentar bagi saya untuk menyelesaikan drama ini. Total 24 episode dengan durasi rata-rata 60 menit per-episodenya, drama ini menguras waktu saya sekitar lebih dari 2 pekan. Di negeri asalnya sendiri drama ini diputar oleh stasiun ternama MBC sejak 6 Maret dan berakhir di 23 Mei 2010 yang lalu.

Pada awalnya saya tidak terlalu tertarik dengan drama ini. Dalam poster pertamanya yang saya lihat, saya benar-benar tidak mengenali Song Il Gook. Maklum, saya hanya tahu dari performance-nya di Jumong. Disini dia tampil beda, terutama gaya rambutnya-yang sebenarnya saya tidak terlalu suka. Bahkan baru di episode 1 saya hampir menyerah untuk tidak melanjutkan, lantaran saya pikir ini cerita fantasi penuh dongeng. Mungkin ini efek karena setnya yang bergunung-gunung, jadi saya pikir bakal seperti semacam fairy-tale.

But...semua berubah. Saya mulai "on" kalau ini cerita seputar dunia spionase beberapa menit kemudian setelah opening. Dan itu saya tangkap dari aksesoris dan wah-nya teknologi yang dipamerkan.

A Man Called God, atau yang juga dikenal dengan The Man Almighty, merupakan adaptasi dari komik karya Park Gong Sung berjudul Manhwa, bercerita tentang seorang agen bernama Michael King (Song Il Gook) yang memiliki talenta dan reputasi luar biasa di arena internasional. Dia asli Korea, tapi karena yatim piatu sejak usia 7 tahun, dia diadopsi oleh sebuah keluarga di Amerika (sedikit mirip dengan kisah dalam My Fathernya Daniel Henney). Di usia
nya yang masih kecil saat itu, Michael dengan mata kepalanya sendiri menyaksikan ayahnya dibunuh oleh sekelompok orang. Tidak hanya itu, rumahnya juga dibakar sehingga menyebabkan ibunya juga meninggal. Setelah sukses dengan karir internasionalnya, Michael kembali ke Korea dengan status sebagai seorang bos sebuah kelompok spy. Disinilah kemudian ia bersumpah untuk membalaskan dendam kepada orang-orang yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya.

Disutradarai oleh Lee Hyeong Seon yang juga pernah menjadi produser All About Eve(2000), drama ini mampu meraih rating viewer hingga 16%, which is tidak terlalu buruk. Oleh
beberapa pihak drama ini dikatakan sebagai momen kembalinya Song Il Gook setelah 2 tahun vakum dari pemberitaan media.

Song Il Gook as Choi Kang Ta aka Michael King
Secara keseluruhan Song Il Gook tampil oke di drama ini, yah walaupun beberapa netizen mengatakan tatanan rambutnya terlalu old. Tapi menurut sang sutradara hal ini memang dilakukan untuk menjaga keaslian dari komiknya. Lagipula itu tetap tidak mengganggu image-nya sebagai agen, menurut saya lho. Hampir semua orang mengatakan semua itu tertutup oleh postur tubuhnya yang well-built body banget.

Han Chae Young as Jin Bo Bae
Disini ia berperan sebagai seorang reporter yang sangat menjunjung tinggi keadilan. Sebagai reporter khusus investigasi ia tidak pernah menyerah dan berhenti sampai ia mendapatkan kebenaran hingga akhir. Jin Bo Bae, menjadi peran utama Han Chae Young yang pertama setelah 4 tahun absen sebagai leading role, menyusul suksesnya Sassy Girl Chunhyang.

Kim Min Jong as Hwang Woo Hyeon
Aktor yang juga pernah bermain di Secret(2001) dan Iljimae Returns(2008) ini berperan sebagai pewaris kerajaan bisnis Hwanglim Group sekaligus salah satu otak di balik Korean Central Intelligence Agency. Melanjutkan kuliah ke Amerika, sebenarnya Woo Hyeon adalah orang yang cerdas dan memiliki kompetensi yang luar biasa. Namun, ketika ia sudah emosi perilakunya bisa di luar dugaan. Misalnya saja dalam salah satu episode, ketika ada orang tidak sengaja menumpahkan minum ke bajunya, Woo Hyeon lalu menganiaya orang itu di kamar mandi. Begitu pula nanti, ketika Jin Bo Bae yang dicintainya dekat dengan Kang Ta, ia dibutakan oleh segalanya. Poor Woo Hyeon!!

Han Go Eun as Vivian Castle
Netizens mengatakan ia adalah Angelina Jolie-nya Korea. Memang di salah satu scene, ada momen ketika Go Eun mengingatkan saya pada deretan Bond Girls. Postur tubuh yang oke, kostum ketat dan kacamata hitam, serta action-nya yang loncat kesana kemari dengan begitu lincah. Mm..mungkin bisa dipertimbangkan tuh untuk jadi the next Bond Girl, hehehe. Disini perannya adalah sebagai member dari tim pimpinan Kang Ta. Namun, karena cemburu melihat hubungan Kang Ta-Bo Bae, ia kemudian berkhianat, bahkan membahayakan nyawa Kang Ta.

Yoo In Yeong as Jang Mi
Adalah anak kedua dari Jangyong, salah satu orang di balik kematian ayah Kang Ta. Ia didekati oleh Kang Ta hanya untuk dimanfaatkan agar Kang Ta memiliki akses ke Jangyong. Pertama kali ketemu Kang Ta ia sudah klepek-klepek. Yang saya nggak tahan waktu lihat dia adalah rambutnya itu lho, haduuuuh..

Dalam konferensi pers yang digelar di Lotte Hotel Seoul 25 Februari 2010, sutradara Hyeong Seon mengatakan ia ingin membuat A Man Called God ini menjadi sebuah drama aksi yang menonjolkan God character sebagai sebuah bentuk keyakinan bahwa kemenangan atas kejahatan itu bisa diraih, meskipun dengan melewati berbagai macam rintangan dan penuh pengorbanan. Makanya judulnya A Man Called God.

Untuk yang menyukai drama jenis ini, rasanya harus ekstra sabar kalau mau menunggu diputar di Indonesia, jadi lebih baik hunting dvd-nya saja di store kesayangan Anda. Lumayan bisa melihat akting Han Chae Young sebelum dia memulai debut di Hollywood.

2 comments:

  1. waaaw sangat elaboratif referensinya oy. aku juga sering nonton drama korea, tapi yang ringan2 ajah, kayak boys before flower dan he's beautiful. tapi jadi penasaran sama yang ini. ntar liat ah.. :D

    ReplyDelete
  2. Aha, aku jg nonton kok BBF sama he's beautiful, tp udah banyak yg ngulas, jd cari yg baru aja, hehehe. Sok atuh coba ditonton.

    ReplyDelete